CYBER JURNALISTIK

Selama ini pasti kita pernah mendengar kata cyber jurnalistik. Tapi lo tau ga siih arti dari cyber jurnalistik itu sendiri?? Dan media apa saja sih yang termasuk di dalam cyber jurnalistik?? Sebenernya hobby lo yang suka ngblogging itu juga termasuk cyber jurnalistik lohhh... Nah, sekarang kita mau ngebahas sedikit tentang cyber jurnalistik.. Hmmmm sebenernya sih untuk memenuhi tugas jurnalistik juga.. hehhehe

------------------------------------------------------------------------------------------------


Apa sih pengertian Cyber Jurnalistik ??
Cyber jurnalistik itu wujud dari kebebasan pers yang diberikan dan dilindungi oleh pemerintah. Dalam UU Pers, pemerintah menjamin tidak akan ada pembredelan media massa. Dalam Cyber Jurnalistik, setiap orang teermasuk kita bisa jai wartawan loh, apapun konten tulisan kita, kita bisa mempublikasikanya di dalam email, website maupun blog.



Macam-Macam Media dalam Cyber Jurnalistik
1. Lewat portal berita
Melalui portal berita, kita bisa mendapatkan berita ter-update yang terjadi. Atau bisa dibilang, portal berita di internet dapat dikatakan sebagai gudang informasi. Cepatnya update berita dikarenakan wartawan dapat melakukan posting dari tempat meliput tanpa harus menyerahkan ke meja redaksi terlebih dahulu. Berbeda dengan weblog, biasanya berita yang disajikan portal berita berasal dari orang yang berprofesi sebagai wartawan. Contoh portal berita yag kita kenal antara lain okezone.com, kompas.com, cnn.com, dan lain-lain.

2.Lewat weblog
Web log atau singkatnya Blog adalah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah halaman situs Internet (webpage) secara umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan aktualitas posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media Blog pertama kali di populerkan oleh Blogger.com (http://www.blogger.com) yang dimiliki oleh PyraLab yang akhirnya diakuisi oleh Google.Com (http://www.google.com) pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat terpakai secara bebas (Open Source), sehingga pengembangannya mudah dilakukan oleh para blogger.
Blog sejauh ini mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian sampai dengan media publikasi dalam sebuah kampanye politik, program-program media dan korporasi. Sebagian blog dikelola oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan mereka untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan. Namun demikian, ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif. Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar mengerupsi beberapa subyek atau sangat kontroversi dalam blogoshpere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
------------------------------------------------------------------------------------------------
Dari serangkaian perkembangan pemanfaatan konsep cyberjournalism di kalangan peselancar Internet hingga laman resmi pemerintah itulah, maka media massa nasional agaknya tidak boleh ketinggalan mengembangkan manajemen pemberitaan menjadi lebih cepat, akurat, lengkap dan segera diakses masyarakat dunia. Jika tidak, maka fungsi media massa melalui Internet terancam bakal diambil alih publiknya!
0 Responses

    Powered By Blogger

    Translator

    About us

    Foto saya
    We are two different people, with personalities and a different life. But the one that unites us. Namely, our love for movies :))

    Followers

    pipififi's Twitter

    Our Visitors

    free counters